TOP 3 Aplikasi Menulis untuk iPad (2021)



iPad dalam perkembangannya bisa difungsikan untuk banyak hal ya Mams. Itu tak lepas dari dukungan berbagai aplikasi yang mampu mengubah layar besar iPad menjadi kanvas digital untuk melukis, menggantikan layar komputer untuk nge-game secara mobile, dan juga sebagai lembaran kertas digital bagi mereka yang hobi nulis.

iPad memang bukan laptop ya Mams walaupun rilisan iPad Pro dengan iPad OS terbaru justru mampu menjadikannya punya fitur dukungan untuk bluetooth mouse dan hard drive eksternal. Hal itu semakin memanjakan para penulis profesional karena bisa menulis dimanapun dan kapanpun. Tapi, tidak cukup layar lebar dan split keyboard di iPad ya Mams, karena Mama juga perlu writing app alias aplikasi menulis yang mumpuni, mudah digunakan, juga mempercepat penulisan. Jika Mama bekerja dalam bidang penulisan, atau tengah memulai menulis sebuah novel untuk mengisi waktu senggang, ataupun tengah menulis tesis, ada tiga rekomendasi aplikasi menulis terbaik versi Apple Mama. Apa saja?

Simplenote

Simplenote adalah aplikasi bagus untuk membantu Mama membuat berbagai catatan. Ya, seperti namanya, aplikasi gratis ini memang dikhususkan untuk mencatat, alih-alih untuk menulis dalam banyak halaman. 

Nah, kalau Mama punya banyak catatan resep masakan, Simplenote pas nih Mams untuk menyimpan semua resep masakan Mama. Atau, ada hal-hal penting yang harus Mama catat saat meeting di kantor ataupun di kampus, Simplenote adalah aplikasi yang tepat untuk keperluan catat-mencatat tersebut.

Simplenote juga memberikan fitur sinkronisasi antar Apple device, tidak kalah dengan aplikasi menulis lain yang dibanderol ratusan ribu. Artinya, apa yang Mama tulis di iPhone, misalnya, bisa dilanjutkan di iPad ataupun Mac karena Simplenote juga tersedia untuk versi iPadOS dan MacOS.

Tak berhenti di sana, Simplenote juga merupakan aplikasi menulis cross-platform. Apa artinya? Selain tersedia untuk iOS dan MacOS, Simplenote juga tersedia untuk perangkat Android. Nah, Mama yang masih menggunakan ponsel Android, juga bisa install Simplenote dengan terlebih dulu download dari Google Play Store. Nantinya apa yang Mama catat di aplikasi Simplenote di iPhone, bakal bisa dilihat dan dilanjutkan di Simplenote di Android.

Simplenote juga telah dilengkapi fitur dark mode. Dengan darkmode, aplikasi secara keseluruhan berubah menggunakan tone warna gelap dengan kontras pada teks. Pastinya dengan dark mode, kenyamanan mata Mama saat menulis ataupun membaca catatan tetap dijamin.

Ulysses

Writing app kedua yang Apple Mama rekomendasikan adalah Ulysses. Aplikasi menulis keren ini bisa Mama download gratis (free trail dua pekan) di App Store dengan biaya berlangganan bulanan/tahunan untuk tetap bisa mengakses menulis menggunakan fitur-fitur kerennya.

Tersedia untuk versi iPhone dan iPad, Ulysses tidak ada versi MacOS untuk komputer Mac ya Mams. Meski begitu aplikasi menulis Ulysses punya fitur ekspor file ke .pdf ataupun .docx. Ini akan memudahkan Mama jika ingin melanjutkan edit tulisan di Microsoft Word nantinya. Plus, tersedia juga fitur ekspor langsung ke WordPress. Artinya, Ulysses cocok buat Mama yang hobi ngeblog di WordPress.

Yang tak kalah keren, Ulysses memiliki fitur 'grammar and style check' yang pas buat Mama yang kerap menulis dalam bahasa Inggris. Dijamin gak bakal typo lagi!

Apple Pages

Dan, writing app terbaik ketiga versi Apple Mama adalah Apple Pages. Ini adalah aplikasi buatan Apple ya Mams jadi dipastikan pas banget saat dipakai di iPad.

Yang menarik dari Apple Pages adalah banyaknya template yang bisa Mama gunakan untuk berbagai keperluan berbeda. Misalnya, saat Mama akan menulis jurnal, Apple Pages menyediakan template jurnal sehingga Mama tinggal mengisi tulisan dan gambar pendukung. Layout dan desain sudah ada ya Mams. Demikian halnya saat Mama ingin menulis novel, baik moderen ataupun klasik, Apple Pages juga menyediakan template-nya. Tinggal ketik aja Mam tanpa perlu memikirkan pengaturan halaman. Gampang banget!

Dan karena buatan Apple, tentunya Apple Pages juga support sinkronisasi antar device, yakni iPhone, iPad dan Mac. Apa yang Mama tulis di iPhone bisa dilanjutkan di iPad ataupun Mac, begitu pula sebaliknya.

Nah, dari tiga aplikasi menulis rekomendasi Apple Mama di atas, mana nih yang bakal Mama pakai? Pastikan Mama menentukan akan untuk apakah aplikasi tersebut, sekedar mencatat, menulis dalam banyak halaman, atau untuk berbagai keperluan yang bahkan belum terpikirkan?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama