Cara Rename Banyak File dengan 1x Proses (macOS)


Cara rename file di macOS tergolong mudah ya Mams. Mama yang terbiasa dengan komputer Windows juga tidak akan menemui kesulitan saat melakukan penamaan ulang alias rename file di komputer Mac. Tetapi bagaimana jika Mama ingin rename banyak file dengan nama dan nomor berurutan sehingga file-file bisa tersusun rapi?

Rename semacam itu dikenal dengan istilah "batch-file renaming". Yang perlu Mama lakukan hanyalah membuat sebuah format nama file sehingga nantinya semua file akan memiliki nama sama namun dengan kode penomoran berurutan.

Sebagai contoh, Mama memiliki foto-foto dari tahun 2020 yang diambil menggunakan kamera iPhone. Dalam hal ini Mama bisa mengeset nama file menjadi:

  • iphone_photos_2020_01.jpg
  • iphone_photos_2020_02.jpg
  • iphone_photos_2020_03.jpg
  • iphone_photos_2020_04.jpg
  • dst

Menggunakan batch-file renaming, penamaan 10 file yang Mama punya bakal sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Tidak hanya 10 file ya Mams, 20 atau 100 file-pun bisa dilakukan.

Cara rename banyak file di Mac

  1. Buka Finder
  2. Cari file yang bakal di-rename
  3. Highlight semua file yang akan di-rename
  4. Klik kanan (Control-click) pada highlighted files
  5. Pilih Rename 10 items (angka berubah tergantung jumlah file)


  6. Di menu dialog yang muncul, masukkan format yang Mama inginkan. Saat Mama memasukkan format penamaan, secara otomatis preview dari nama baru file akan muncul di bagian bawah, sehingga Mama bisa segera mengubahnya jika hasil penamaan tidak sesuai harapan.


  7. Jika telah yakin, klik Rename.
Cukup mudah bukan, Mams? Silakan langsung dicoba supaya koleksi foto ataupun file lain bakal rapi tersimpan di Mac sehingga mudah mencarinya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama