Cara Menyisipkan Tandatangan di Dokumen (macOS)


Salah satu manfaat positif dunia digital adalah penghematan penggunaan kertas. Di perkantoran, sudah jamak dipakai file-file PDF yang dengan mudah dikirim via email ataupun dibagi melalui grup WhatsApp ataupun aplikasi mobile lainnya. Demikian halnya di kantor tempat Mama kerja, bukan?

Saat dokumen kertas bisa dikonversi ke digital, begitu pula dengan tandatangan. Sebuah dokumen penting pastinya butuh tandatangan dari orang yang membuat ataupun yang bertanggungjawab. Di perkantoran, hampir tiap hari tandatangan disematkan di setiap dokumen digital. Di komputer Mac, Mama bahkan bisa membuat tandatangan digital jauh lebih mudah dari yang dibayangkan. Tidak perlu scanner ataupun mengedit pakai PhotoShop.

Cara membuat tandatangan digital di Mac

  1. Buka Finder.
  2. Cari dokumen yang bakal Mama sisipi tandatangan.
  3. Klik kanan, pilih Open with > Preview
  4. Saat dokumen telah terbuka, cari icon pena di bar bagian atas dokumen.
  5. Akan terbuka dialog yang meminta Mama memasukkan tandatangan. MacOS menyediakan dua cara: (1) menggunakan Trackpad, (2) memanfaatkan kamera iSight yang ada di Mac.



  6. Jika Mama memilih menggunakan Trackpad, tandatangan saja langsung di atas Trackpad menggunakan ujung jari. Hasil tandatangan akan langsung terlihat. Klik sembarang tombol keyboard untuk mengakhiri. Klik Done jika selesai atau Clear jika ingin menghapus tandatangan dan menggantinya.



  7. Jika memilih menggunakan kamera iSight, Mama siapkan selembar kertas dengan tandatangan. Atau, bisa juga Mama buat tandatangan di iPad menggunakan aplikasi Note atau writing apps lainnya. Selanjutnya, arahkan kertas atau iPad ke kamera iSight maka MacOS akan langsung mengenalinya dan melakukan scanning sekaligus editing untuk menghilangkan background dan menjadikannya sebuah tandatangan yang siap dipakai di dokumen.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama