Cara Mengubah Keyboard iPad Jadi Trackpad (iPadOS 14)

(Keyboard iPad sebagai Trackpad)

Untuk keperluan apakah iPad yang Mama punya saat ini? Layarnya yang jumbo memang melegakan buat nonton film ya Mams tetapi orang-orang kreatif profesional telah banyak memanfaatkan iPad untuk menulis ataupun menggambar, tak lepas dari banyaknya aplikasi pendukung di App Store.


Ya, dalam perjalanannya, iPad telah banyak menggantikan peran laptop walaupun pada awal pembuatannnya iPad tidak ditujukan sebagai penggusur laptop. Di MacBook, misalnya, Mama bisa mudah menggunakan gestures jari untuk scroll di sepanjang halaman sebuah website. Lalu bagaimana dengan iPad yang tidak dilengkapi sebuah Trackpad?


Sebut saja Trackpad Mode, ini adalah fitur yang bisa Mama pakai untuk scroll di sepanjang teks yang telah Mama ketik. Selanjutnya Mama bisa dengan mudah melompat dari bagian paling atas ke bagian paling bawah dari teks tersebut.


Untuk mengaktifkan Trackpad Mode di iPad, Mama hanya perlu tap dan tahan spasi yang ada di keyboard. Tunggu hingga semua tombol keyboard berubah warna menjadi abu-abu. Selanjutnya Mama akan bisa melakukan beberapa hal berikut:

  1. Sepanjang Mama tidak mengangkat jari dari tombol spasi, iPad akan otomatis scroll teks dari bawah ke atas atau sebaliknya.
  2. Untuk memindah insertion point, gerak-gerakkan ujung jari Mama di keyboard iPad, seperti menggerakkan jari di Trackpad.
  3. Dengan ujung jari masih tap and hold di tombol spasi, Mama bisa melakukan highlight (nge-blok) pada kata, sederet kalimat, ataupun paragraf. Bayangkan saja keyboard iPad adalah sebuah Trackpad maka Mama akan lebih mudah melakukannya.
Sementara Trackpad di MacBook bisa Mama matikan karen adanya mouse ataupun alasan lain, di iPad Mama justru bisa menggunakan kemampuan layaknya Trackpad di keyborad iPad. Coba saja!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama