Cara Menggunakan Apple Pencil di iPad (iPadOS 14)



Fitur Scribble di iPad ditanam Apple sehingga Mama bisa memfungsikan Apple Pencil untuk menulis. Dalam hal ini Mama tinggal menulis layaknya menggunakan pensil di atas kertas, selanjutnya iPad akan mengkonversi tulisan menjadi teks ketikkan.

Untuk bisa menulis di iPad menggunakan Apple Pencil, Mama tidak memerlukan keahlian khusus. Sebaliknya, Mama bisa menulis secara natural dengan sedikit trik yang memungkinkan Mama bisa mengapus tulisan tanpa perlu penghapus, menyelipkan kata, nge-blok kata atau kalimat, menggabungkan teks, dll. Tapi ingat ya Mams, untuk saat ini fitur Scribble baru bisa mengkonversi input dalam Bahasa Inggris dan huruf China tradisional.

Menulis dengan Apple Pencil di iPad

Menggunakan Apple Pencil di iPad, artinya Mama tidak lagi memerlukan keyboard virtual. Tidak hanya untuk menulis di writing apps, Apple Pencil juga bisa Mama manfaatkan untuk keperluan harian di iPad, seperti membalas pesan, menulis catatan di Notes, dll.

  1. Gunakan Apple Pencil untuk menulis di area mengetik, selanjutnya Scribble akan mengubah tulisan Mama menjadi teks ketikkan. Scribble bahkan mampu mengenali tulisan meskipun tulisan Mama keluar dari area menulis.
  2. Tergantung dari aplikasi yang Mama pakai, terdapat sejumlah action shortcut yang bisa Mama jumpai di Scribble toolbar. Shortcut yang dimaksud diantaranya adalah tombol Undo (tombol panah ke kiri), tombol Show Keyboard (icon keyboard), dll.
  3. Tap icon 3-titik untuk Auto-minimize toolbar. Untuk mengembalikan ke ukuran full toolbar, tap minimized version.

Menggunakan Apple Pencil di aplikasi Notes

  1. Tap icon spidol untuk memunculkan Markup toolbar.
  2. Di Markup toolbar, tap Handwriting tool (di sebelah kiri pen)
  3. Lanjutkan menulis menggunakan Apple Pencil, Scribble akan mengkonversi tulisan tangan menjadi teks.

Memilih dan mengganti teks menggunakan Apple Pencil

Selain untuk menulis, Apple Pencil memiliki sejumlah fitur lain yang memudahkan Mama dalam menulis, antara lain:
  1. Menghapus sebuah kata: coret-coret kata yang ingin dihapus, bisa ke arah atas (vertikal) atau ke samping (horizontal).
  2. Menyisipkan teks: Sentuh dan tahan di area teks untuk membuka area menulis, lalu mulailah sisipkan kata/kalimat di area tersebut.
  3. Menggabungkan atau memisahkan huruf: Gambarlah sebuah garis vertikal (ke atas/bawah) di antara huruf yang ingin digabung atau dipisah.
  4. Memilih sebuah kata: tap 2x pada kata yang dimaksud
  5. Memilih sebuah paragraf: tap 3x pada paragraf.

Jika tidak ingin lagi menggunakan fitur Scribble, Mama bisa dengan mudah mematikannya melalui Settings app.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama