Cara Membagi 2 Keyboard iPad (iPadOS 14)

(tampilan Split Keyboard di iPad)


iPad awal diciptakan bukan sebagai pengganti komputer ya Mams. Tetapi dalam perkembangannya sejak dirilis di tahun 2010, iPad mendapatkan berbagai tambahan fitur yang justru dipakai banyak pihak sebagai piranti mobile serupa laptop. iPad Pro contohnya, bahkan dilengkapi dukungan untuk bluetooth mouse dan harddisk eksternal. Semakin mirip laptop, bukan?

Dukungan iPadOS yang semakin mirip MacOS (atau MacOS yang semakin mirip iPadOS?) menjadikan iPad sebagai perangkat mobile yang bisa melakukan banyak hal yang secara umum lebih ribet jika dilakukan di smartphone. Ya, dukungan layar lebar iPad menjadi kelebihan sendiri meskipun sebagian besar aplikasi untuk iPad juga tersedia versi iOS untuk iPhone. 

Aplikasi menulis, contohnya. Menulis novel, misanya, tak lagi mengandalkan layar komputer karena iPad dengan dukungan keyboard virtual ataupun keyboard bluetooth telah cukup memenuhi kebutuhan para novelis. Bahkan, iPad untuk penulis dirasa jauh lebih ringkas dibanding harus membawa laptop sebab ide menulis bisa datang kapan saja. Dalam hal ini para penulis tinggal menyalakan iPad dan membuka aplikasi menulis andalan mereka. Yang pasti dukungan keyboard yang nyaman di jari juga menjadi penentu kenapa iPad menjadi pilihan terbaik para penulis profesional (termasuk Apple Mama hehehehe). 

Tetapi, dukungan layar lebar dan aplikasi menulis yang beragam di App Store belum lengkap tanpa fitur unggulan iPad yang tak lain adalah kemampuan split keyboard. Dalam hal ini keyboard di iPad bisa Mama bagi menjadi dua bagian, kanan dan kiri. Dengan cara ini mengetik di iPad jadi lebih mudah sekaligus cepat, terutama untuk para Mama yang telah mahir menggunakan 10 jari untuk mengetik.


Cara mengaktifkan Split Keyboard di iPad

(mengaktifkan fitur split keyboard di iPad via Settings)

Sebelum keyboard iPad bisa menampilkan opsi split, Mama harus mengaktifkannya dulu melalui Settings app. Jika tidak, pilihan untuk keyboard split tidak akan muncul di keyboard iPad.

Untuk mengaktifkan opsi split keyboard di iPad, Mama buka Settings app. Dari sini Mama pilih General > Keyboard >  lalu aktifkan toggle untuk Split Keyboard. Jika sudah, sekarang saatnya membagi keyboard langsung melalui aplikasi. Mama bisa menggunakan sembarang aplikasi asal memiliki tempat untuk mengetik dan memunculkan keyboard iPad.

Note: split keyboard hanya bisa dilakukan di iPad yang dilengkapi Home button.


Cara Membagi keyboard iPad untuk multitasking

Saat mengetik dan keyboard virtual aktif, tekan dan tahan tombol dengan icon keyboard yang ada di pojok-kanan bawah. Saat keluar menu, pilih Split maka keyboard akan terpecah menjadi dua, satu di pinggir screen sisi kiri dan satu ke kanan. 


Cara menggabungkan kembali split keyboard


Jika karena satu dan lain hal Mama ingin keyboard kembali seperti semula, lakukam langkah di atas tetapi saat keluar opsi dari tombol keyboard, pilih Merge.


Cara memindah posisi split keyboard

Untuk kenyamanan membaca sekaligus mengetik di iPad, Mama bisa meggerakkan keyboard ke atas atau bawah. Dengan cara ini keyboard iPad tidak akan menghalangi pandangan Mama ke konten yang tengah Mama baca sambil mengetik. Dengan kata lain Split Keyboard yang melayang sangat membantu untuk mutitasking ya Mams. 

Untuk mengaktifkannya tekan dan tahan tombol keyboard di pojok-kanan bawah keyboard aktif, lalu pilih Undock.

Untuk menggerakkan keyboard ke atas atau bawah, tekan ringan tombol bergambar keyboard lalu mulai gerakkan keyboard iPad ke atas dan bawah sesuai posisi yang Mama inginkan. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama