Cara Memindah eBook dan PDF dari Android ke iPhone



Buat Mama yang masih ragu beralih dari ponsel Android ke iPhone, kali ini Apple Mama kasih tips lagi ya. Setelah sebelumnya Mama tahu cara memindah data dari Android ke iPhone secara otomatis menggunakan aplikasi Move to iOS, ataupun memindah secara manual data Contact dan Lagu, sekarang saatnya memindah koleksi eBooks dan PDF dari ponsel Android ke iPhone ataupun iPad.

  1. Untuk eBooks yang mama dapat dari download melalui aplikasi seperti Kindle, Nook ataupun Google Play Books, Mama bisa memindahnya ke iPhone menggunakan aplikasi yang sama. Tentunya dengan download aplikasi serupa versi iOS dari App Store dan kemudian login menggunakan ID dan password yang sama yang sebelumnya Mama pakai di ponsel Android.
  2. Dengan cara lain, Mama perlu bantuan sebuah komputer untuk memindahkan koleksi ebooks tipe ePub dan PDF. Jika menggunakan komputer Mac, Mama harus install terlebih dulu aplikasi Android FIle Transfer.
  3. Koneksikan ponsel Android ke komputer lalu cari lokasi tempat Mama menyimpan buku dan PDF. Secara umum, ponsel Android menyimpan koleksi buku di folder Documents. Jika menggunakan Mac yang telah terinstall Android File Transfer, buka aplikasi tersebut lalu cari folder Documents yang ada di ponsel Android yang ditampilkan di layar komputer.
  4. Pilih eBook dan PDF yang ingin Mama transfer ke iPhone. Drag saja ke sebuah folder yang sebelumnya telah Mama buat di komputer/Mac.
  5. Disconnect ponsel Android dari komputer lalu menggunakan komputer yang sama, hubungkan iPhone.
  6. Jika menggunakan Mac, drag buku dan PDF ke dalam aplikasi Books. Jika menggunakan PC Windows, drag buku dan PDF ke aplikasi iTunes.
  7. Jika Mac yang Mama pakai telah menjalankan Catalina atau MacOS yang lebih baru, bukalah Finder. Jika menggunakan MacOS yang lebih lama atau menggunakan PC, silakan Mama buka iTunes lalu sinkronisasikan buku dan PDF. File buku ini nantinya bisa Mama temukan di iPhone melalui aplikasi Books > Library.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama