Cara Memasukkan CD/DVD ke Mac



Insert atau memasukkan CD ataupun DVD ke dalam Mac cukup mudah ya Mams. Namun tidak seperti kebanyakan laptop Windows yang dilengkapi optical drive dengan tray yang bisa dikeluar-masukkan dari slot, optical drive di Mac didesain tanpa tray.

Jika Mac yang Mama pakai saat ini dilengkapi optical drive ataupun terkoneksi dengan optical drive eksternal, seperti Apple USB Super Drive, Mama bisa memanfaatkannya untuk memutar lagu atau film juga install program langsung melalui CD atau DVD.

Perlu dicatat bahwa optical drive yang ada di Mac ataupun Apple USB Super Drive hanya diperuntukkan bagi CD/DVD berukuran standar 120mm. Dalam hal ini Mama diwanti-wanti untuk tidak memasukkan CD dengan ukuran lebih kecil jika tidak ingin nyangkut dan mengakibatkan kerusakan pada optical drive.

Cara memasukkan CD atau DVD ke dalam Mac

  1. Posisikan CD dengan cover menghadap atas.
  2. Masukkan perlahan ke dalam optical drive hingga bisa dirasakan CD tersangkut lalu secara otomatis CD akan ditarik ke dalam. 
Note: cara kerja optical drive di Mac serupa mesin ATM yang mampu menarik kartu begitu sensor berhasil membaca kartu yang dimasukkan sebagian ke dalam slot. 

Setelah CD/DVD berhasil masuk dalam optical drive selanjutnya Mac akan membacanya. Dari sini Mama bisa melakukan proses selanjutnya, apakah akan membuka konten CD/DVD dengan aplikasi tertentu, install program dari CD, dll. Kalau sudah, jangan lupa untuk mengeluarkan CD/DVD dari Mac ya!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama