Cara Burning CD/DVD di Mac

(image credit: apple)


Untuk bisa burning CD atau DVD di Mac, Mama harus pastikan komputer Mac yang Mama pakai saat ini dilengkapi optical drive karena tidak semua model MacBook dilengkapi optical drive untuk CD ataupun DVD ya Mams.  Jika tidak ditemukan CD/DVD ROM di Mac yang Mama punya, Mama perlu menggunakan optical drive eskternal seperi Apple USB Super Drive.

Selanjutnya setelah Mama yakin dengan adanya optical drive, baik bawaan Mac ataupun eksternal, Mama harus memastikan apakah optical drive tersebut memiliki kemampuan burning data ke dalam CD/DVD atau tidak.

Nah, jika semua sudah siap, saatnya Mama mulai membakar data ke dalam CD ataupun DVD yang telah Mama siapkan terlebih dulu.

  1. Masukkan CD atau DVD kosong ke dalam optical drive. Jika muncul dialog di layar, klik pop-up menu yang ada, lalu pilih Open Finder. Pilih "Make this action the default," jika Mama ingin Finder otomatis terbuka setiap kali memasukkan CD/DVD. Selanjutnya CD/DVD akan muncul di layar Mac.
  2. Klik 2x pada disc untuk membuka window. Selanjutnya drag saja file atau folder yang ingin Mama burn ke dalam window tersebut. Perlu dicatat bahwa yang Mama drag adalah 'alias' dari file/folder asli sementara file/folder asli tetap di tempatnya dan tidak akan terhapus.
  3. Selanjutnya Mama perlu mengatur dan rename file tersebut. Penamaan ini penting karena saat disc di-burn maka maka nama dan lokasi yang dipakai sama dengan nama dan lokasi yang tadi ada di burn-window. Saat disc selesai di-burn, Mama tidak akan bisa menamai ulang file/folder tersebut.
  4. Langkah selanjutnya adalah proses burning. Pilih Files > Burn [disc] lalu ikuti instruksi yang ada di layar Mac.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama