3 Cara Install Aplikasi di Mac


Untuk para Mama pengguna baru laptop MacBook, jangan bingung apalagi trauma dengan MacOS. Sistim operasi ini dibuat oleh Apple, didesain sedemikian rupa sehingga Mama bisa dengan mudah menggunakannya, termasuk dalam hal menginstall aplikasi.

Jika Mama sebelumnya terbiasa mengoperasikan komputer berbasis Windows, memang ada perbedaan cara saat Mama ingin menginstall sebuah aplikasi. Namun, pada dasarnya sama kok Mams, Mama hanya perlu 'menyuruh' komputer untuk membuka bundle file agar file-file di dalamnya bisa dijalankan saat Mama membutuhkannya. Di Mac, setidaknya ada dua cara untuk menginstall sebuah aplikasi.

Install dari Mac App Store

Di Mac App Store, semua aplikasi telah melalui pengecekan oleh Apple sehingga dipastikan aman dari malware atau software berbahaya. Mac App Store adalah tempat paling aman untuk Mac yang Mama punya sehingga Mama tinggal cari saja aplikasi apa yang Mama inginkan. Jika sudah ketemu aplikasi yang Mama mau, luangkan waktu sejenak untuk membaca deskripsinya, melihat rating, juga membaca komentar user lain. 

Yang tak kalah penting, Mama juga harus lihat besar file aplikasi dan kompabilitas dengan Mac yang Mama pakai, apakah bisa dijalankan dengan MacOS yang ada di laptop Mama atau tidak. Juga, apakah diperlukan paket berlangganan untuk bisa menjalankan aplikasi tersebut. Jika Mama telah memahami semua detilnya dan Mama setuju dengan yang ditawarkan, langsung saja install aplikasi tersebut dengan cara klik tombol GET yang ada di pojok-kanan atas halaman aplikasi di App Store.


Install dari luar Mac App Store (dari Internet/Developer)

Di Windows OS, ekstensi file untuk installer adalah .exe. Di Mac, Mama akan diperkenalkan pada .DMG. Jika Mama mencari installer sebuah file di internet maka nama dari file tersebut adalah ****.dmg

Untuk file aplikasi yang didapat di luar Mac App Store, Mac akan memberikan peringatan apakah Mama yakin untuk menginstallnya. Klik OPEN jika Mama yakin untuk mengintall aplikasi yang didapat dari luar Mac App Store.

Untuk install aplikasi yang berasal dari luar Mac App Store ikuti langkah berikut:

  1. Klik dua kali (2x) pada file dmg atau klik-kanan > Open With > DiskImageMounter
  2. Mac akan memproses file
  3. Akan muncul ikon berukuran besar dari file aplikasi dan ikon folder Application
  4. Tarik/drag untuk memasukkan ikon aplikasi ke folder Application.
  5. Dengan cara sederhana tersebut aplikasi terlah terinstall ke dalam Mac.

Install App dari CD/DVD Installer

Jika Mac yang Mama punya dilengkapi dengan pembaca CD maka menginstall aplikasi ke Mac bisa dilakukan dengan memasukkan CD/DVD ke dalamnya. Sebagian besar CD/DVD installer akan langsung memulai proses install aplikasi begitu terbaca oleh Mac. Namun sebagian lain hanya menyertakan file installer yang harus diproses secara manual.

Yang harus Mama lakukan hanyalah drag app icon ke dalam folder Application  Meski terlihat sederhana, cara ini sebenarnya adalah untuk meng-copy program ke dalam folder Application di Mac.

Setelah program berhasil terinstall di Mac, Mama harus eject CD/DVD dengan cara klik pada ikon eject di sebelah nama CD/DVD yang muncul di sidebar kiri di Finder.

Note: Guna memastikan apakah sebuah aplikasi berhasil terinstall, Mama bisa buka Launchpad dan cari saja app icon dari aplikasi tersebut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama