Cara Mengganti Ringtone iPhone dengan Lagu Favorit via Mac



Mama pastinya punya lagu favorit dong, entah itu lagu yang sedang hits atupun lagu lama yang punya kenangan di hati Mama. Apapun itu, Mama tentu pernah terpikir untuk menjadikan lagu tersebut sebagai ringtone di iPhone yang Mama pakai saat ini. Bisakah?

Jawabannya tentu bisa ya Mam. Dari pabriknya (default) iPhone memang telah dibekali berbagai musik pendek yang bisa Mama pilih sebagai ringtone. Nah, untuk menggunakan custom ringtone alias ringtone dari musik atau lagu di luar bawaan iPhone, Mama harus melakukan sedikit edit di Music app yang ada di Mac.

Sebuah lagu yang saat ini jadi favorit Mama bisa Mama pilih sebagai ringtone, dimulai dari bagian mana dan berkahir di bagian mana. Sebagai contoh, Mama bisa mengeset sebuah lagu untuk ringtone di iPhone hanya pada bagian reffrain saja.

Cara menjadikan lagu sebagai ringtone iPhone

  1. Koneksikan iPhone ke Mac
  2. Buka Music app
  3. Cari lagu yang bakal Mama pakai sebagai ringtone
  4. Klik kanan pada file lagu tersebut, pilih Get Info
  5. Cari tab Options, centang Start dan Stop dengan range waktu 30 detik. Contoh, start: 0:04 stop 0:34
  6. Klik OK

Mama bisa play lagu yang baru diset untuk memastikan apakah potongan 30 detik sudah sesuai dengan yang Mama inginkan. Jika belum, silakan ulangi langkah di atas dengan mengubah waktu start dan stop.

Note: jangan kawatir file lagu yang asli hilang ya Mams. 

Selanjutnya Mama harus mengkonversi potongan file lagu tadi ke file yang bisa diterima sebagai ringtone iOS.

  1. Klik File yang ada di bar atas
  2. Pilih Convert > Create AAC Version

Jika proses ini berhasil maka akan ada dua file lagu dengan nama yang sama. Sekarang Mama arahkan ke file lagu yang asli. Klik kanan > get info > Options, kembalikan Start dan Stop ke posisi semula dengan cara menghapus centang birunya.

Sekarang Mama kembali ke file lagu yang telah terkonversi. Klik kanan pada file tersebut, pilih Show in Finder.

Akan terbuka Finder dengan file lagu di sana. Karena iOS hanya mengenal file .m4r sebagai ringtone maka Mama harus menamai ulang dari NamaFile.m4a menjadi NamaFile.m4r. Caranya klik kanan saja lalu pilih Rename untuk mengganti file type.

Dari sini ringtone untuk iPhone telah berhasil Mama buat. Selanjutnya Mama harus mengirimnya ke iPhone agar bisa diset sebagai ringtone. Caranya adalah dengan sinkronisasi antara Mac dan iPhone.

Colokkan iPhone menggunakan kabel data ke Mac. Pilih TRUST pada layar konfirmasi yang muncul di Mac. Di Finder, klik pada nama iPhone yang muncul di sidebar sisi kiri. 

Karena Mama hanya perlu sync satu file yang ukurannya tergolong kecil maka Mama tidak perlu sync device secara keseluruhan. Artinya, Mama hanya perlu melakukan sync manual untuk copy file ringtone. Di bawah tab General, pilih Manually manage music, movies, TV shows. Selanjutnya klik pada file ringtone yang telah Mama rename tadi dan drag ke sync window.

Cara di atas mengakhiri proses membuat dan memasukkan file ringtone ke iPhone. Yang perlu dilakukan adalah mengeset ringtone baru di iPhone. Caranya sama seperti saat Mama mengubah ringtone di iPhone. File ringtone baru ada di urutan teratas.

Pilih Settings app > Sounds & Haptics > Ringtone.

Sudah selesai ya Mams. Sekarang lagu favorit Mama telah terset sebagai ringtone baru di iPhone. Tidak sulit, bukan?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama