Cara Install dan Menghapus Font di Mac

Font Book di MacBook

Mams, jangan percaya kalau ada yang bilang komputer Mac tidak bisa diotak-atik seperti Windows PC. Setidaknya Mama tetap bisa install font (jenis huruf) baru ke Mac.

Saat dirilis ke pasaran Mac memang telah dilengkapi banyak fonts. Meski demikian Mama tetap bisa download font tambahan lalu menginstallnya ke komputer Mac yang Mama punya. Bahkan jika Mama ingin sebuah font tidak muncul di aplikasi yang terisntall di Mac, Mama bisa menon-aktifkan atau juga menghapusnya.

Cara Install fonts di Mac

Yang pertama tentunya Mama harus mencari font yang Mama inginkan. Gampang saja, tinggal minta bantuan Google ya Mams dengan kata kunci "fonts for Mac" lalu download. 

  1. Setelah tersimpan, langsung buka via Finder, double klik saja.
  2. Mac bakal melakukan validasi font melalui aplikasi Font Book.
  3. Jika selesai maka font sudah langsung terinstall dan siap dipakai.

Secara default, font bakal terinstall di Library (~/Library/Fonts/). Untuk mengaksesnya, buka Finder > Go (sembari tekan tombol Option) > Librabry. Jika Mama melihat font yang berwarna redup maka font tersebut disabled alias OFF, atau juga merupakan font yang belum tersedia tetapi bisa didownload melalui Apple. Untuk mendownload font tersebut, klik font > pilih Edit > Download.

Cara disable fonts di Mac

Biasanya nih Mams, font tertentu memiliki banyak varian. Misalnya, Font A memiliki varian A Bold, A Italic, A Rounded dan sebagainya. Jika Mama hanya menginginkan font A saja tanpa variannya, Mama bisa me-nonaktifkan-nya alias disable font tersebut.

Caranya, pilih font melalui Font Book, pilih Edit > Disable. 

Font ini tidak terhapus ya Mams, artinya tetap terinstall di dalam Mac. Hanya saja font yang dimaksud tidak akan muncul di menu di aplikasi-aplikasi yang Mama install di Mac. Font yang telah disabled akan ditandai dengan 'Off' di sebelah namah font di Font Book.

Menghapus Font di Mac

Font yang Mama rasa tidak lagi diperlukan, Mama bisa menghapusnya dari Mac. Caranya, pilih nama font dari Font Book, pilih File > Remove. Cara ini bakal menghapus font dari Font Book dan memindahnya ke Trash.

Nah, sekarang Mama sudah tahu ya cara install, disable, ataupun menghapus font dari Mac. Jika suatu saat nanti Mama perlu font tertentu, Mama sudah tahu cara menginstallnya.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama