Back Tap! Cara Keren untuk Screenshoot di iPhone

iPhone 12 dengan fitur back tap (image credit: Apple)


iPhone dan iPad secara default telah dilengkapi kemampuan untuk mengambil screenshot ya Mams. Yang dimaksud adalah dengan menekan bersamaan tombol fisik (tergantung model iPhone dan iPad). Meski begitu, selalu ada cara untuk membuat iPhone lebih terlihat keren dengan memanfaatkan fitur-fitur tersembunyi.

Melalui rilis iOS 14, iPhone memiliki kemampuan "back tap". Seperti namanya, Mama hanya perlu mengetuk punggung iPhone lalu akan dijalankan fungsi yang sebelumnya telah Mama set, termasuk untuk mengambil screenshot. Ya, cukup tap tap punggung iPhone (back case) maka akan terdengar camera shutter (cekrek) tanda screenshot berhasil dibuat.

Cara Mengaktifkan Back Tap untuk Screenshoot

Fitur Back Tap di iOS 14 terdiri dari Double Tap (tap 2x) dan Triple Tap (tap 3x). Masing-masing kemampuan ini bisa Mama set untuk keperluan berbeda, termasuk untuk mengambil screen capture.

  1. Buka Settings app di iPhone
  2. Scroll ke bawah, tap Accessibility
  3. Tap Touch (ikon biru dengan jari tangan menunjuk)
  4. Scroll ke bawah, pilih Back Tap
  5. Pilih salah satu: Double Tap atau Triple Tap
  6. Scroll ke bawah sampai ketemu Screenshot. Tap saja maka akan terlihat tanda centang di sisi kanan.


Selesai! Sekarang iPhone yang Mama pakai telah siap untuk menggunakan Back Tap. Gunakan jari telunjuk untuk tap punggung iPhone 2x atau 3x (tergantung dari setting yang Mama pilih) untuk menjajal berhasil-tidaknya screenshot menggunakan Back Tap di iPhone. Selamat mencoba ya, Mams!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama