8 Alasan Kenapa Back Tap di iPhone Tidak Berhasil

iPhone 12 dengan fitur back tap (image credit: Apple)


Mama sudah coba fitur keren back tap di iPhone? Jika belum, langsung saja coba mengaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah yang telah Apple Mama berikan untuk mengaktifkan fitur back tap di iPhone.

Seperti namanya, fitur back tap memfungsikan punggung iPhone untuk bisa menerima perintah ketukan dari ujung jari Mama. Dengan setting yang sebelumnya sudah Mama tentukan, fitur back tap bisa melakukan screenshoot, membuka Control Center, ataupun fungsi lain sesuai keinginan Mama.

Eits, tapi tunggu ya Mams, faktanya tidak semua iPhone bisa mengaktifkan fitur back tap. Jika Mama juga telah mencoba mengaktifkan fitur back tap tetapi tetap gagal, bisa jadi penyebabnya ada di antara delapan hal di bawah ini. Check 'em out!

1. Upgrade ke iOS 14

Perlu dicatat ya Mams, kalau fitur Back Tap hanya berlaku di iOS 14. Jika Mama tidak bisa menemukan fitur back tap di Settings > Accessibility > Touch, maka bisa jadi iPhone yang Mama pakai belum terinstall iOS 14.

Untuk memastikan iPhone sudah terinstall iOS 14, buka Settings > General > About. Atau Mama mengalami masalah saat update iOS 14? Silakan cek cara mengatasi gagal update iOS 14 di sini.

2. Cek kompabilitas

Jika iPhone yang Mama pakai sudah terinstall iOS 14 atau yang lebih baru dan tetap tidak bisa menemukan fitur back tap, bisa jadi iPhone tersebut tidak support fitur baru back tap. Model iPhone di bawah ini memang tidak turut kebagian fitur back tap:

  • iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE (1st gen)

tips: iPhone rilisan lama bisa melalukan shortcut serupa back tap dengan trick Assistive Touch

3. Cek back tap settings

Back tap baru berfungsi jika Mama mengoneksikannya dengan sebuah fitur sistem, opsi akses ataupun sebuah shortcut seperti tap 2x atau 3x. Untuk mengaturnya, Mama harus buka Settings > Accessibility > Touch > Back Tap. Selanjutnya pilih salah satu: Double Tap atau Triple Tap. Cek di sini untuk melihat cara mengaktifkan Back Tap di iPhone.

4. Jangan pakai case

iPhone case dengan desain lucu ataupun glamour pasti menarik mata ya Mams. Jika Mama sudah menggunakan case tertentu untuk iPhone, ada baiknya saat ini dilepas saja ya Mams. Itu jika Mama ingin fungsi back tap bekerja baik. Sejumlah case dengan desain tebal kemungkinan menjadi penyebab gagalnya iPhone mengenali ketukan di punggungnya. Jika benar, coba saja lepas case iPhone Mama lalu lakukan setting ulang untuk mengaktifkan back tap.

5. Coba perintah lain

Pilihan perintah untuk back tap ada banyak ya Mams. Apple sudah menyediakan daftarnya saat Mama mengaktifkan back tap. Jika, misalnya, fitur back tap gagal untuk mengaktifkan fungsi Screenshoot, cobalah Mama menggantinya dengan perintah lain yang tersedia, seperti Spotlight Search, dll.

6. Restart iPhone

Salah satu penyebab gagalnya setting back tap di iPhone bisa jadi adalah saling tumpang-tindihnya pengaturan software di iPhone Mama. Untuk mengatasinya, cobalah restart iPhone. Perlu dicatat, beda model iPhone, beda cara restart-nya ya Mams. Jika perlu, Mama bahkan harus force restart iPhone. 

7. Update iOS

Mama sudah update ke iOS 14 tetapi masih belum bisa mengaktifkan back tap? Bisa jadi, itu karena yang terinstall di iPhone adalah iOS 14 rilisan awal. Cobalah cek kembali software update untuk melihat rilisan iOS 14 versi terbaru melalui Settings > General > Software Update.

8.  Reset iPhone

Jika iPhone yang Mama pakai sudah memenuhi semua syarat untuk mendapatkan fitur back tap tetapi tetap saja gagal mengaktifkan back tap, cobalah reset iPhone untuk memperbaikia corrupt settings yang kemungkinan terjadi di iPhone. Reset akan mengembalikan iPhone ke pengaturan default tanpa menghapus data ya Mams: Settings > General > Reset > Reset All Setting. Setelah reset berhasil, cobalah kembali mengaktifkan back tap melalui Accessibilityl screen.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama