Cara Transfer File dari Android ke Mac




Postingan tips ini untuk para Mama yang masih pakai ponsel Android tetapi juga pengguna MacBook. Jika iPhone bisa otomatis tersinkron dengan Mac, tentu lain halnya dengan perangkat Android ya Mam. Jika Mama ingin memindah data (foto, file) dari ponsel Android ke Mac tentunya Mama harus melakukannya secara manual, yakni menghubungkan ponsel Android ke MacBook.


Untuk bisa copy ataupun memindah file dan foto dari ponsel Android ke laptop MacBook, Mama butuh bantuan aplikasi buatan Google (gratis) yang bernama Android File Transfer. App ini bisa didownload langsung di situs Android.com.


Setelah Mama berhasil download aplikasi Android File Transfer, langsung saja install di MacBook:


  1. Buka file yang baru diundul AndroidFileTransfer.dmg
  2. Drag Android File Transfer ke Application
  3. Colokkan kabel USB yang biasa Mama pakai untuk charging ponsel Android, ujung USB dicolok ke MacBook, ujung USB Type-C (atau tipe lainnya) dicolok ke port ponsel Android.
  4. Double-click Android File Transfer yang telah terinstall di Mac
  5. Akan terbuka folder yang ada di dalam ponsel Android, tinggal cari saja file atau foto mana yang ingin Mama copy ke laptop.
Nah, dari sini, nantinya file dari ponsel Android yang telah tersimpan di Mac, bisa Mama pindah ke iPhone atau iPad. Cara manual ini memang butuh sedikit tenaga ekstra ya Mams dibanding jika melakukan transfer konten langsung secara otomatis dari ponsel Android ke iPhone ataupun iPad.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama