Cara Menjadikan Mac Sebagai Wi-Fi hotspot



Akhir tahun identik dengan liburan dong Mams meskipun tidak semua bisa berlibur dengan tenang. Ada juga lho yang liburan tetapi tetap terhubung dengan pekerjaan kantor, harus tetap nline dua kali sehari untuk menyerahkan laporan ini dan itu. Apakah Mama termasuk yang harus bawa laptop saat liburan?


Jika benar maka terkoneksi dengan internet tidak bisa dielakkan ya Mams. Beruntung jika bisa menemukan hotel ataupun cafe yang koneksi internetnya ngebut. Tetapi bagaimana jika berbagai usaha dengan gadget nirkabel tidak berhasil sementara MacBook, iPhone dan iPad harus terhubung ke internet?


Ada kalanya Mama harus siap dengan skenario terburuk ya. Jika laptop Mama bisa terhubung dengan router melalui kabel LAN, atau terkoneksi internet melalui modem yang dicolok ke USB, maka MacBook maka bisa menjadi WiFi hotspot untuk berbagai gadget yang Mama pakai.


  1. Colokkan Mac ke ethernet port pakai kabel LAN
  2. Klik logo Apple yang ada di pojok-kiri-atas menu bar.
  3. Pilih System Preferences… > Sharing (ikon folder biru)
  4. Di menu sebelah kiri, pilih Internet sharing
  5. Klik menu drop-down Share your connection from lalu pilih Ethernet
  6. di kotak To computers using  pilih  Wi-Fi
  7. Pilih tombol Wi-Fi Options….
  8. Buka Security dropdown lalu pilih WPA2 Personal.
  9. Sekarang set sebuah password agar tidak semua orang bisa terkoneksi ke Wi-Fi network Mac.  
  10. Klik OK
  11. Kemudian cari File Sharing di menu sebelah kiri, pilih Internet Sharing

Baca info yang muncul, jika Mama setuju, langsung klik START untuk mulai menjadikan MacBook sebagai WiFi hotspot bagi iPhone dan iPad yang Mama bawa.


Sekarang MacBook Mama telah berhasil menjadi WiFi hotspot. Jika dilihat di bar atas maka ikon WiFi yang biasa muncul telah berubah menjadi ikon panah kecil, yang artinya Mac telah berbagi koneksi WiFi.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama