Cara Menjadikan Gmail dan Chrome Default App di iPhone (iOS 14)

Gmail sebagai default app di iPad

Default app apa sih Mams? Gampangnya, itu adalah aplikasi yang selalu menjadi rujukan nomor satu untuk dibuka. Misalnya, Mama punya dua browser di iPhone: Safari dan Chrome. Nah, tiap kali buka link, Mama ingin selalu dibuka di Chrome. Dengan kata lain Mama ingin Chrome menjadi default browser. Paham ya Mams....

Sebelum rilis iOS 14, Apple menjadikan Safari dan Mail sebagai aplikasi default di iPhone juga iPad. Artinya, Mama tidak bisa menjadikan aplikasi serupa lain sebagai default app, seperti Gmail. Untungnya, di rilis iOS 14, Apple memberi kebebasan bagi user untuk menjadikan browser dan mail app selain Safari dan Mail bisa diset sebagai default app.


Cara menjadikan Gmail dan Chrome sebagai default app di iPhone dan iPad:


  1. Buka Settings di iPhone atau iPad.
  2. Scroll ke bawah sampa ketemu Gmail, Chrome atau app lain yang Mama mau. Lalu tap aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya pilih opsi yang sesuai, apakah Default Browser App atau Default Email App
  4. Pilih aplikasinya lalu  kembali ke Setting.


Singkat saja ya Mams caranya. Setelah diset seperti langkah di atas, sekarang tiap kali Mama membuka sebuah link (misalnya yang ditautkan di Whatsapp) maka link tersebut tidak akan dibuka melalui Safari tetapi langsung lewat Chrome atau browser lain sesuai apa yang telah Mama set. Demikian juga jika Gmail sudah Mama set sebagai default email maka tiap kali tap sebuah email address maka yang terbuka adalah aplikasi Gmail, bukan lagi Mail app bawaan iPhone/iPad.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama