Cara Menggunakan Smart Stack di iPhone (iOS 14)


Hai Mams... masih sibuk ngulik iPhone baru nih? Banyak orang yang dulunya pakai ponsel Android merasa kagok pas mencoba iPhone. Kalau Apple Mama bilang sih, faktor kebiasaan aja kok Mam. Tak kenal maka tak sayang, tak biasa maka tak bisa. Makanya, para Mama wajib nih pantengin postingam Apple Mama biar tambah jago ngulik iPhone. Dijamin gak bakal kalah sama mas-mas klimis yang hari-hari mantengin layar iPhone. Iye, kan....

Nah, kali ini Apple Mama masih pingin bahas tentang widget yang tergolong fitur anyar di iOS, baik di iPhone maupun iPad.  

Widgets dulunya hanya akrab bagi pengguna Android. Kabar baiknya, sejak rilis iOS 14, Apple ngasih fitur serupa baik untuk iPhone maupun iPad. Dan bukan sekedar widget, Apple membuat widget yang berbeda dari yang biasa ada di Android, yakni dengan adanya fitur Smart Stack. 

Kalau di-Bahasa-in, Smart Stack itu artinya Tumpukan Pintar. Lalu, sepintar apa sih widget di iOS?

Di postingam sebelumnya, para Mama udah ditunjukin cara masang widget di layar iPhone. Nah, sekarang saatnya Mama tahu cara menjadikan widget lebih pintar dengan fitur Smart Stack. 

Seperti arti katanya, Smart Stack mampu 'menumpuk' lebih dari satu widget dalam satu tempat. Dengan kata lain, Mama bisa menghemat layar iPhone agar tidak penuh dengan jajaran widget. Soal hemat-menghemat, para Mama paling jago, kan? Makanya, layar iPhone juga perlu dihemat supaya ringkas dan makin cantik dilihat. 

Sebagai gambaran, saat Mama punya widget Cuaca dan Baterai, Mama bisa menumpuknya jadi satu Stack saja. Mama bisa mengatur widget mana yang di tumpukan paling atas dan mana yang ada di bawahnya. Lalu bagaimana cara melihat widget yang ada di tumpukan bawah? Ya, tinggal swipe up atau down aja, alias geser ke atas atau ke bawah. Terdengar gampang, kan?

Cara mengaktifkan Smart Stack di iPhone

Pertama, pasang widget yang Mama inginkan. Caranya ada di postingan sebelumnya ya.

Kedua, pasang widget lainnya, bisa lebih dari dua.

Catatan: ukuran widget yang bakal ditumpuk harus sama ya. Di opsi widget, pilih aja yang persegi kecil, persegi panjang, persegi besar atau lainnya.

Setelah semua widget siap, sekarang Mama long press (tekan yang lama, tapi jangan lama-lama juga keburu maghrib) di bagian layar yang kosong sampai muncul tanda MINUS (-) di tiap icon app. 

Kemudian tekan dan tahan satu widget sambil digeser ke atas widget lain. Saat pas di atas widget lain, akan muncul frame di sekeliling widget. Artinya, Mama bisa melepas widget yang tadi Mama geser. TA-DA! Sekarang sudah ada dua widget dalam satu tumpukan (Stack). Kalau mau menambah widget lagi, ulang langkah sebelumnya, tekan-tahan-geser dan lepas. Kalau sudah, tap di bagian kosong layar atau tekan tombol Home. Gampang banget kan, Mams? Dijamin lebih sulit ngganti popok bayi pas pup, sementara Mama juga kebelet pup, trus si Kakak nangis karena susu di botol habis....





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama