Cara Cepat Ambil Screenshot di iPad (iPadOS 14)



Hari-hari bolehlah di dapur dan ngurus anak tapi soal gadget, Mama gak boleh ketinggalan jaman. Dan ngomong soal gadget, iPad kayaknya sudah jadi barang wajib yang kudu dipunya. 

Nonton video klip ataupun konser cowok-cowok ganteng Korea ataupun buat lihat video masak-masak di Youtube, itu salah satu fungsi penting iPad untuk para Mama. Selebihnya, pasti anak-anak yang menguasai buat nge-game. Betul gak, Mam? Apapun itu, Mama juga harus menguasai seluk-beluk iPad, salah satunya adalah cara mengambil screenshot di layar besar iPad. 

Pada dasarnya Apple memberikan cara yang sama bagi iPhone dan iPad untuk menangkap gambar di layar. Yak, caranya adalah dengan menekan bersamaan tombol Home dan tombol Power (tombol ON/OF). Ini agak ribet ya karena Mama tampaknya harus menggunakan dua tangan. Namun tahukah Mama kalau ada cara yang lebih singkat sekaligus mudah dari itu? Bahkan Mama hanya butuh satu jari saja untuk mendapatkan screenshot di layar besar iPad.

Setidaknya Apple Mama sudah melakukan cara tersebut di iPad yang Apple Mama pakai saat ini (iPad 6 9.7" rilisan 2018). Caranya adalah dengan memanfaatkan tombol Assistive Touch alias tombol virtual warna abu tua yang bisanya Mama pakai buat menggantikan tombol Home. Tahu, kan?

Note: cara ini juga bisa Mama pakai di iPhone. Caranya serupa, perbedaan sedikit hanya pada letak beberapa menu yang diubah Apple disesuaikan dengan ukuran iPad dan iPhone.

Tips cepat mengambil screenshot di iPad

  1. Nyalakan iPad dulu ya Mam... kalau bulum diisi baterai, silakan charging dulu biar bisa nyala.
  2. Selanjutnya buka aplikasi Settings; yang icon app-nya warna abu-abu berbentuk roda mesin. Dari sana lalu scroll pelan ke bawah sampai ketemu Accessibility yang ada icon biru gambar orang membuka tangan dalam lingkaran putih. Sudah ketemu?
  3. Kalau sudah ketemu, langsung tap saja maka akan terbuka window baru. Scroll pelan lagi ke bawah sampai ketemu opsi Touch berupa icon berwarna biru dengan gambar tangan menunjuk.
  4. Dari sana silakan tap AssistiveTouch; dari posisi OFF ke arah ON. Turun sedikit ke bawah, ada pilihan dengan judul CUSTOM ACTIONS. Nah, disinilah yang perlu Mama ubah. Ada beberapa pilihan yang fungsinya untuk mempercepat action atau bahasa lainnya sebagai 'shortcut' untuk melakukan sesuatu.
  5. Sebagai contoh, di sini Apple Mama memilih opsi Double-Tap untuk mengaktifkan fungsi Screenshot. Artinya, nantinya saat Mama tap ujung jari sebanyak 2x (dua kali) maka iPad akan langsung menangkap tampilan layar alias screenshoot.

Perlu dicatat double-tap untuk screenshot dilakukan pada tombol virtual AssistiveTouch yang sekarang (setelah tadi diaktifkan) telah muncul di layar iPhone berupa lingkaran abu, bisa digeser kemanapun. Mudah bukan, Mams? 

Untuk fungsi lain yang ada di dalam Custom Options bisa Mama coba-coba, ya. Jangan takut mencoba. Salah pencet gak akan bikin iPad hang kok, Mam. Kalaupun tampilan jadi berubah, tinggal reset aja. Cara cepat ambil screenshot di iPhone dan iPad juga bisa dilihat melalui video tutorial di Youtube Channel Apple Mama:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama