Cara Backup iPhone, iPad via iCloud


iPad backup via iCloud



Pernahkah Mama terpikir untuk backup iDevice yang Mama pakai? Backup di sini bisa diartikan sebagai menyalin apa yang ada di iPhone/iPad ke tempat lain sebagai cadangan atau supaya saat iPhone/iPad hilang atau rusak, Mama masih memiliki data salinannya. Tak hanya itu, jika backup diartikan sebagai memindah maka akan kapasitas penyimpanan lega sebab sebagian data telah dipindah ke tempat lain.


Setidaknya ada dua cara yang disediakan Apple untuk backup data yang ada di iPhone dan iPad: lewat iCloud dan lewat komputer. Di postingan ini, Apple Mama bakal berbagi cara backup via iCloud.


  1. Koneksikan iPad/iPhone ke WiFi.
  2. Kenapa WiFi? Karena data yang di-backup (di-copy) banyak dan ukurannya besar sehingga dibutuhkan koneksi internet yang lancar supaya cepat selesai dan tidak putus di tengah jalan.
  3. Buka Settings, tap nama identitas, tap iCloud (ikon awan)
  4. Tap iCloud Backup (ikon hijau dengan panah melingkar)
  5. Arahkan toggle ke ON
  6. Tap Backup Now


Jaga agar koneksi WiFi tetap tersambung ya Mams hingga proses backup selesai. Karena proses backup yang memakan waktu, boleh loh ditinggal ke dapur bikin camilan. Asal jangan ditinggal nge-mall ya Mams...


Untuk melihat sejauh mana proses backup, Mama bisa buka Settings, tap nama ID, tap iCloud, tap iCloud Backup. Tepat di bawah opsi Backup Now bisa dilihat tanggal dan waktu terakhir iPhone di-backup.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama