Cara Merekam Layar iPhone (iOS 14)


screen recording app di Control Center


Halo para Mama kece... sudah kelar nih urusan dapur? Kalau sudah, sekarang saatnya Mama rehat sejenak. Buka iPhone atau iPad buat sekedar mendengarkan lagu-lagu favorit, plus jangan lupa cek postingan Apple Mama ya.

Di postingan kali ini Apple Mama bakal berbagi cara merekam tampilan layar iPhone ataupun iPad. Karena menggunakan istilah "merekam" maka hasilnya nanti adalah sebuah video yang otomatis tersimpan di Photos. Kalau memakai bahasa lain, merekam layar ini lebih populer dengan sebutan screen recording. Untuk hal-hal tertentu bisa jadi Mama tidak cukup hanya mengandalkan screen capture alias screenshot tetapi harus menggunakan trick screen recording. Bagaimana caranya? 


Eh, tidak perlu browsing di App Store ya buat nyari aplikasi perekam layar. Faktanya, iPhone dan iPad telah dilengkapi fitur screen recording yang telah terinstall dari pabriknya.


Mengaktifkan Screen Recording app di iPhone/iPad

  1. Buka Settings app.
  2. Tap pada Control Center.
  3. Tap tanda PLUS (+) yang ada di sebelah kiri app icon merah Screen Recording.
  4. Icon Screen Recording akan pindah ke atas yah Mams dan secara otomatis akan bisa Mama jumpai saat mengakses Control Center.

Tergantung dari iDevice yang Mama gunakan, Control Center di iPhone dan Control Center di iPad berbeda cara mengaksesnya.


Di Control Center, screen recoring app ditampilkan dengan warna hitam-putih berbentuk lingkaran tipis yang di dalamnya terdapat lingkaran lebih kecil berwarna putih. Untuk memulai merekam screen, tinggal tap saja icon screen recording yang ada di Control Center. Untuk mengakhirinya, akses kembali Control Center dan tap icon screen recording yang saat merekam berubah menjadi merah. 


Ingat ya Mam, semua pergerakan yang ada di screen iPhone/iPad bakal direkam lalu disimpan di Photos. Selamat mencoba!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama