Akses Cepat Kamera, Notes, Timer di iPad (iPadOS 14)


Halo para Mama pengguna iPad... Sudah semahir apa nih para Mama dalam menggunakan iPad? Ingat, fungsi iPad bukan cuma buat nonton video YouTube yah. 

Di postingan ini, Apple Mama ingin menunjukkan kalau para Mama bisa mengakses sejumlah aplikasi dengan cara cepat, setidaknya Mama nggak perlu lagi menggeser screen ke kanan atau ke kiri demi menemukan aplikasi yang bakal dibuka.

Sejumlah ikon aplikasi bawaan iPad secara default (dari pabriknya) memang ditaruh di Home alias screen yang paling pertama ditampilkan saat Mama membuka iPad. Namun karena satu dan lain hal bisa saja ikon tersebut berpindah ke screen kedua, ketiga, atau secara tak sengaja masuk dalam folder yang Mama lupa namanya. 

Nah, untuk menghindari hal itu, sebenarnya ada trik mudah yang mampu menempatkan sejumlah app icon di Control Center. Kenapa di Control Center  Karena akan memudahkan Mama mengaksesnya, terutama untuk aplikasi yang kerap Mama buka, seperti Camera ataupun Notes. 

Di control center, app icon tersebut diletakkan di urutan terbawah, di bawah fungsi untuk akses dasar seperti WiFi, Bluetooth, Volume, dll. Dengan meletakkan sejumlah app icon penting di Control Center Mama hanya perlu swipe sekali aja dari screen bagian kanan-atas iPad lalu lagsung tap pada app icon yang Mama inginkan. 

Cara custom Control Center di iPad, iPhone

  1. Buka Settings
  2. Tap Control Center di kolom kiri
  3. Tap "Access Within Apps" di kolom kanan untuk tetap bisa mengakses Control Center saat Mama tengah membuka aplikasi apapun.
  4. Pilih apps yang Mama ingin ada di Control Center dengan tap pada tanda PLUS (+) di sebelah nama aplikasi. 
  5. Selesai

Sekarang Mama coba swipe dari kanan-atas layar iPad untuk memunculkan Control Center. Nah, shortcut untuk aplikasi yang telah Mama set tadi telah muncul di sana. Tap saja untuk membukanya. Mama juga bisa mencoba tap and hold pada icon tersebut untuk melihat opsi lanjutan.

Di icon Camera misalnya, tap and hold akan memunculkan akses cepat untuk selfie, merekam video, merekam slo-mo, dll. Penasaran? Coba saja Mama otak-atik Control Center di iPad yang Mama pakai. jangan takut error ya Mams...


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama